Rabu, 01 Agustus 2012

Tutorial Cara Partisi External Sd Card Pada Android


Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya mengenai bagaimana cara partisi external sd card pada android.
Dengan terbatasnya media penyimpanan internal pada smartphone android maka dengan mempartisi external sd card sangat bermanfaat sekali fungsinya, karena dengan mempartisi external sd card kita dapat memanage memory yang ada pada smartphone android yang kita miliki, yaitu seperti :
  • Memindahkan applikasi yang terinstal di memory internal ke external memory tanpa tercampur dengan file yang lain (terpisah).
  • Menghemat pemakaian memory internal.
Banyak cara untuk mempartisi external sd card, tapi cara yang saya lakukan terbilang cukup mudah dan tidak rumit karena cara yang saya pakai yaitu dengan memakai software mini tool partition.
Langsung saja kita praktekan cara partisi sd card dengan memakai memori external 8gb. Sebelumnya backup dahulu datanya sebelum di partisi ke PC karena seluruh data yang ada di memory akan di hapus.
1. Hubungkan memory anda ke PC
2. Install softrware mini tool partition pada PC anda, apabila belum ada anda bisa download Disini.
3. Setelah di instal buka softwarenya dan mulai partisi sd card.
Partisi yang pertama Kita lakukan dengan format FAT32 yang berfungsi untuk menyimpan data seperti: File Office, JPG, MP3, 3GP, MP4, dll. Caranya yaitu:
Klick kanan memori yang akan di partisi dan klick delete all partition.
Screen Shoot:
4. Setelah di delete klick kanan kembali memory yang telah didelete dengan lambang bintang ( * ) lalu klick create.
Screen Shoot:
5. Lalu akan muncul windows Create New Partition
Create AS : Di isi Primary
File System : Di isi FAT32
Size and location adalah jumlah kapasitas memory yang akan di berikan pada format FAT32, pada tutorial ini saya memberikan nilai 6gb.
Lalu klick OK.
6. Untuk partisi yang ke-2 dan ke-3 caranya sama dengan yang pertama tetapi menggunakan format yang berbeda. Yaitu:
7. Partisi ke-2 dengan format ext2: yang berfungsi untuk memindahkan data-data aplikasi yang terinstal di memory system ke external sd card. disini saya memberikan nilai 700mb.
Partisi ke-3 dengan format Linux Swap yaitu sisa dari partisi ke-2 digunakan untuk membantu kerja RAM. dan biasanya partition swap dibuat sebesar 2 kali besar RAM.
8. Lalu Klick Apply pada pojok kiri atas dan biarkan program berjalan untuk proses partisi sampai muncul windows Sucessfully lalu klick OK.
Selamat mencoba dan semoga sukses

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar